Beranda | Artikel
Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu
Selasa, 28 Februari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 28 Rajab 1444 H / 19 Februari 2023 M.

Kajian Hadits Tentang Keluarnya Dosa Bersama Air Wudhu

Kajian kita sampai pada bab خروج الخطايا مع الوضوء (Bab keluarnya dosa bersama air wudhu).

Hadits 121:

عن أبي هريرة – رضي الله عنه – أن رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قال إذا تَوَضَّأَ العَبْدُ المُسْلِمُ أَو المُؤمِنُ فَغَسَلَ وَجْهَهُ خَرَجَ مِنْ وَجْهِهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ نَظَرَ إِلَيْهَا بِعَيْنِهِ مَعَ المَاءِ أَو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ فإذا غَسَلَ يَدَيْهِ خَرَجَ مِن يَدَيْهِ كُلُّ خَطِيئَةٍ كَانَ بَطَشَتْهَا يَدَاهُ مَعَ المَاءِ أو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ فإذا غَسَلَ رِجْلَيْهِ خَرَجَتْ كُلُّ خَطِيئَةٍ مَشَتْهَا رِجْلَاهُ مَعَ المَاءِ أو مَعَ آخِرِ قَطْرِ المَاءِ حَتَّى يَخْرُجَ نَقِيَّا مِنَ الذُّنُوبِ.

Dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya- bahwasannya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seorang hamba Muslim berwudhu atau Mukmin lalu ia mencuci wajahnya, akan keluarlah dari wajahnya itu semua kesalahan yang dilakukan oleh matanya bersama air atau bersama tetesan-tetesan terakhir dari air wudhu. Apabila ia mencuci dua tangannya, maka akan keluarlah dari dua tangannya semua kesalahan yang dilakukan oleh kedua tangannya tersebut bersama air atau bersama tetesan terakhir dari wudhunya. Dan apabila ia mencuci dua kakinya, akan keluarlah semua kesalahan yang dilakukan oleh kakinya bersama air atau bersama tetesan terakhir dari air wudhu sehingga ia selesai dari wudhu dalam keadaan bersih dari dosa.” (HR. Muslim)

Keutamaan berwudhu

Hadits ini menunjukkan keutamaan wudhu. Dan bahwasanya berwudhu itu menggugurkan dosa-dosa kecil (bukan dosa besar). Karena kata para ulama dosa besar itu harus dengan taubat. Adapun yang digugurkan oleh amalan shalih itu adalah dosa-dosa kecil, kecuali bila ada dalil yang menunjukkan bahwa yang digugurkan itu adalah dosa besar.

Penggugur dosa

Di antara dosa ada yang bisa digugurkan oleh amalan shalih. Ada juga dosa yang tidak bisa digugurkan oleh amal shalih, tapi digugurkan dengan ujian yang sangat berat seperti penyakit atau bencana. Ada juga dosa yang ternyata bencana pun tidak bisa menggugurkan, tapi yang bisa menggugurkan adalah api neraka. Ada juga dosa yang bahkan api neraka pun tidak bisa menggugurkannya, yaitu dosa syirik. Maka pelakunya kekal dalam neraka jahanam.

Di dalam hadits ini disebutkan bahwa dosa itu keluarnya bersama air atau tetesan terakhir dari air wudhu. Apakah berarti ini menunjukkan bahwa tidak disyariatkan untuk menyeka wajah atau tangan dengan kain setelah selesai wudhu? Jawabnya tidak. Karena yang dimaksud dengan akhir tetesan itu saat berwudhu. Adapun setelah selesai berwudhu maka telah ada riwayat yang menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyekanya.

Syaikh Albani mengatakan ada satu riwayat yang hasan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memiliki secarik kain yang beliau gunakan untuk menyeka air wudhunya tersebut. Maka itu menunjukkan boleh. Kalau misalnya kita tidak seka pun tidak masalah. Itu hukumnya mubah-mubah saja.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52747-keluarnya-dosa-bersama-air-wudhu/